Info Penting Buat yang Ingin Merenovasi Dapur

Dapur adalah elemen mahapenting bagi sebuah rumah. Karena dari dapur tercipta berbagai masakan lezat, dengan bumbu kasih sayang seorang ibu. Dapur bisa jadi sekaligus ruang makan, menjadi tempat berkumpul anggota keluarga sembari makan dan bercerita tentang kejadian hari itu. Kesehatan dan keharmonisan keluarga berawal dari dapur yang rapi dan higienis. Kata kunci bahan bangunan murah

Tapi bagaimana jika dapur anda kurang layak pakai? Atapnya sudah bocor, sehingga saat hujan anda harus menggotong gotong ember untuk menampung air. Temboknya mengenaskan, karena catnya mengelupas dan membuat rumah anda tampak kumuh.

Anda ingin merenovasi dapur menjadi tempat masak yang nyaman? Baca tips ini dulu.

  1. Perhatikan Budget Anda

Berapa dana yang tersedia untuk merenovasi dapur? Jangan sampai over budget dan membuat anda harus gigit jari di akhir bulan. Jadi, buat daftar, bagian dapur mana yang rusak. Dan untuk merenovasinya apa butuh bahan bangunan murah atau yang mahal.

 

Jika yang rusak adalah lantai atau catnya, anda bisa memakai cat, keramik, dan bahan bangunan murah lainnya. Karena tidak terlalu berpengaruh pada keamanan dapur. Tetapi jika yang rusak adalah bagian atap atau pipa tanam di dapur, pilih bahan yang berkualitas tinggi.

 

  1. Pakai Jasa Arsitek

Merenovasi dapur saja kok pakai jasa arsitek? Jagan remehkan arsitek, karena mereka tahu ilmu arsitektur dan punya pengalaman dalam membangun dan merenovasi bangunan.

 

Jika anda ingin meluaskan dapur, coba konsultasi ke arsitek. Selain menggambar detail bangunan baru, ia juga bisa diajak konsultasi. Di sebelah mana anda meletakkan jendela, ventilasi,  membeli bahan bangunan murah, dan lain lain. Jika hanya trial and error dan melihat contoh dapur di majalah interior atau internet, bisa jadi saat pengerjaan tak sesuai hasilnya. Jika renovasi gagal, anda harus membayar dua kali untuk renovasi ulang.

 

  1. Tentukan Konsep Dapur

Apa anda ingin punya dua dapur di rumah? Anda bisa saja punya dua dapur, dapur bersih untuk menghangatkan makanan, dan dapur kotor tempat anda memasak yang sesungguhnya.

 

Jika anda hanya punya tempat untuk satu dapur, tak apa apa. Dapur itu saat direnovasi bisa sekalian dikonsep ulang. Misalnya anda mengganti keramik di lantai dapur yang sudah rusak. Anda bisa membeli keramik di toko bahan bangunan murah. Lalu sesuaikan dengan warna tembok, atau sekalian bisa mengganti ulang catnya. Dapur dengan warna cat tembok, jendela, dan keramik yang serasi akan membuat anda betah di dalamnya.

Merenovasi dapur tak butuh dana besar. Anda bisa membeli bahan bangunan murah dengan membandingkan harga antara toko material. Walau budget terbatas, tapi dengan trik dan tips ini, anda bisa merenovasi dengan lancar.