Cara Mudah Memasang Spandek Atap

Spandek atap atau atap zincalume ini sering juga disebut dengan atap gelombang spandek. Ini adalah salah satu jenis atap bangunan yang terbuat dari bahan spandek di mana permukaan atapnya bergelombang. Atap jenis ini terbuat dari terbuat dari baja dengan lapisan silikon, alumunium dan seng yang memiliki tegangan tarik yang tinggi. Bisa dibilang bahwa jenis atap ini memiliki daya tahan 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan baja biasa.

Kemudian baja ini sering disebut dengan nama baja galavalum atau zincalum di mana memiliki lapisan pelindung yang sangat tinggi terhadap korosi. Karena ketiga komposisi itulah maka spandek atap sangat mudah untuk dibentuk, awet dan juga kokoh. Oleh karena itu, atap berbahan spandek sering digunakan dalam pembangunan gedung-gedung seperti ruko, gudang, pabrik, mall dan lain sebagainya.

Bentuk dan Daya Tahan Spandek Atap

Pada spandek atap ini, terdapat bagian permukaan atap spandek yang sengaja dibuat agar mudah ditempeli cat. Dengan begitu, proses pengecatan yang akan dilakukan nantinya dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kemudian soal daya tahan dan kemampuan dari spandek atap ini, atap spandek seringkali diklaim sebagai salah satu material bangunan yang paling awet.

Jenis spandek atap ini sanggup bertahan hingga 20 tahun lebih, lho. Spandek atap juga memiliki daya tahan yang sangat kuat karena terbuat dari bahan yang anti pecah, anti keropos dan anti rayap. Selain itu, atap ini juga memiliki kemampuan anti karat sehingga atap jenis ini tidak mudah rusak dan tahan lama.

Tahap-tahap Pemasangan Atap Spandek

Bagi Anda yang akan menggunakan spandek atap, ada beberapa langkah cara memasangnya yang benar, di antaranya yaitu:

  1. Mengukur jarak tumpuan
  2. Mendesain kuda-kuda baja ringan

Jika Anda ingin mendesain kuda-kuda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan melakukannya, yaitu memperhatikan kekuatan kuda-kuda dalam menahan beban atap, menentukan kemiringan atap dan menentukan panjang top chord-nya. Selain itu, Anda jangan melupakan diri agar ditemani oleh ahli dalam pelaksanaan konstruksi rangka atap supaya tidak terjadi kegagalan pada strukturnya. Dan pada saat itu pula Anda dapat memperhatikan bagaimana cara memasang atap spandek yang mesti dilakukan.

  1. Pemasangan Kuda-kuda

Setelah Anda selesai melakukan tahap desain kuda-kuda, maka tahap selanjutnya adalah Anda memasang kuda-kuda tersebut.

  1. Pemasangan Reng Baja Ringan

Tahap selanjutnya adalah pemasangan reng. Pemasangan reng ini akan bergantung pada jenis penutup atap yang Anda gunakan nantinya. Namun, sebaiknya Anda mengggunakan reng yang memiliki ukuran yang pas dengan lebar daun atap. Jadi, jarak antara reng tidak akan selalu sama.

  1. Pemasangan Seng/Genteng/Atap

Kemudian, setelah Anda memasang reng baja maka Anda akan memasang atap. Pasang dengan agar saat hujan tidak mengalami kebocoran.

  1. Pemasangan Rabung, Nok Pinggir, Flashing dan Pemasangan

Itulah ulasan mengenai pemasangan spandek atap. Semoga bermanfaat ya.