Definisi dan Cara Menggunakan Sikatop 

sika-topCara Menggunakan Sikatop – Bagi anda yang sering berurusan dengan bangun membangun rumah dan lain sebagainya, mungkin anda sudah cukup familiar dengan Sikatop. Namun, bagi sebagian orang yang tidak pernah berurusan dengan membangun sesuatu, sikatop mungkin adalah hal yang terasa masih aneh. Sikatop sebeanrnya adalah sebuah komponen yang cukup penting dalam membangun rumah atau bangunan yang lain. Lalu, apakah sebenarnya sikatop itu? Bagaimana cara untuk menggunakannya? Berikut ini adalah ulasannya lebih jauh lagi.

Definis Sikatop

Sebelum memahami sika top dan cara menggunakan sikatop, akan lebih baik lagi jika kita memahami mengenai arti sika top terlebih dahulu. Sikatop adalah komponen polymer mortar yang digunakan sebagai bahan pelapis yang kedap air atau anti bocor atau sering disebut dengan istilah waterproofing. Bahan dasar yang digunakan oleh sika top adalah semen resin yang biasanya telah dimodifikasi.

Cara Penggunaan Sika Top yang Benar

Penggunaan sika top pun tidak bisa begitu saja. Ada beberapa cara yang sebaiknya dilakukan agar sika top dapat digunakan secara sempurna. Lalu,bagaimanakah cara pengaplikasian dari sika top yang benar? Yang pertama, anda harus terlebih dahulu membersihkan permukaan dari substrat, lantai,atau bidang yang nantinya akan dilapisi dengan sikatop. Cara untuk membersihkan permukaan bidang tersebut dapat anda lakukan dengan menyiramkan air ke permukaan tersebut dan membersihkannya dengan menggunakan sesuatu yang terbuat dari bahan kasar.

Mengapa? Menggunakan bahan yang kasar akan membuat debu atau kotoran yang menempel dapat dibersihkan dengan sempurna. Selain itu, air yang digunakan untuk menyiram juga harus dibersihkan dengan maksimal. Permukaan tersebut harus dalam keadaan lembab atau basah namun bukan terendam oleh air.

Setelah anda selesai membersihkan permukaan, maka kini saatnya anda mengaplikasikan lapisan pertama secara horizontal. Tunggu kurang lebih hingga 3 jam agar kering (jika permukaan berada di luar ruangan taau dibawah matahari terik). Biasanya jika permukaan berada di dalam ruangan, dibutuhkan waktu hingga 4 jam sampai lapisan menjadi kering. Setelah itu, berikan lapisan kedua secara vertical. Untuk horizontal ataupun vertical, anda dapat mengganti sesuai dengan urutannya.

Pada bagian siku siku atau bagian pertemuan antara lantai dengan dinding, sangat disarankan untuk menggunakan sika top ini dinaikkan ke dinding hingga setinggi 3 cm hingga 5 cm. hal ini akan mencegah kemungkinan bocor atau kebocoran dari sikusiku atau sudut tersebut. Itulah cara penggunaan sika top yang direkomendasikan.

Kegunaan SikaTop

Setelah mengetahui definisi dan cara penggunaan sikatop yang benar, kini ada baiknya jika kita mengetahui mengenai kegunaan dari sikatop. Sika top biasanya digunakan sebagau pelapis yang kedap air untuk permukaan internal ataupun eksternal. Biasanya sika top digunakan untuk melapisi beton,bata, mortar dan baja yang terletak pada:

  • Basement atau ruang bawah tanah
  • Teras dan balkon
  • Jembatan dan kolam renang
  • Tangki air
  • Bangunan di dalam air
  • Dinding penahan tanah
  • Atau dari dak
  • Terowongan dan lain sebagainya

Sika top adalah pelapis yang mudah untuk dicampur dan sangat mudah untuk digunakan. Untuk pengaplikasiannya, anda dapat menggunakan trowel atau kuas. Sika top memiliki daya rekat yang sangat bagus meskipun pada permukaan yang keras. Sikatop sangat kedap air, tahan terhadap pengikisan dan abrasi.