Tips Membeli Perkakas Via Media Online

Perkakas adalah alat pertukangan yang biasa digunakan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Selain bisa dibeli langsung di toko bangunan atau toko alat pertukangan, alat-alat seperti gergaji, palu, pahat, atau lainnya juga bisa dibeli melalui website online. Namun demikian, agar Anda tidak menderita kerugian saat membeli perkakas melalui website, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan, seperti:

Jenis alat dan tujuan pembelian

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah jenis alat yang ingin dibeli dan tujuan pembeliannya. Sebagai contoh Anda membeli palu konde baru karena palu yang ada dirumah sudah rusak atau saat Anda ingin membeli sekrap untuk memudahkan pekerjaan pembersihan. Dengan mempertimbangkan keduanya, Anda akan tahu benar berapa budget yang dibutuhkan untuk membeli alat pertukangan dalam mempermudah pekerjaan.

Ketahanan bahan

Ketika membeli perkakas yang bermanfaat untuk meringankan pekerjaan sehari-hari, perhatikan dulu jenis bahan yang dipakai untuk membuat alat. Hal tersebut perlu Anda lakukan untuk memeriksa ketahanan bahan dan apakah nantinya produk yang dibeli tahan lama.

Kredibilitas penjual

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kredibilitas penjual, dengan melihat beberapa aspek, diantaranya:

  1. Deskripsi produk yang diberikan oleh penjual, dimana semakin lengkap deskripsi yang diberikan akan makin menunjukkan bahwa penjual alat yang bersangkutan bisa dipercaya.
  2. Lokasi kantor dari penjual. Jika Anda tidak ingin tertipu dengan kejahatan dunia cyber yang makin marak sekarang ini, jangan lupa untuk memastikan bahwa penjual dalam website yang Anda akses memiliki lokasi kantor distributor yang jelas, sehingga saat barang yang diterima rusak atau tidak sesuai pesanan, Anda bisa mengajukan klaim garansi secepat mungkin.
  3. Ragam varian produk yang dijual untuk setiap jenis alat. Misalnya untuk produk gergaji, penjual yang bersangkutan menjual gergaji tangan dan gergaji mesin dalam berbagi bentuk dan seri ukuran. Makin banyak varian perkakas yang dijual, dapat dikatakan penjual yang bersangkutan profesional dan terpercaya.
  4. Penyediaan layanan yang cepat dan alamat website yang dipastikan aman dari virus atau ancaman hacker, saat Anda sebagai konsumen mengakses alamat website yang bersangkutan.

Cara transaksi     

Membeli perkakas secara online bukan masalah yang terlalu rumit untuk dikerjakan, namun jika Anda tidak hati-hati bukan tidak mungkin jika Anda justru menderita kerugian di kemudian hari. Oleh karena itu, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah cara transaksi, yang meliputi aspek berikut.

  1. Minimal pemesanan dan pembelian alat yang bisa dilakukan.
  2. Harga per item barang yang dibeli dan biaya kirim yang diterapkan.
  3. Model penjualan produk, apakah bisa membeli dalam bentuk satu paket atau harus per item.
  4. Sistem pembayaran perkakas yang disetujui penjual, seperti pembayaran via atm atau cod.
  5. Garansi yang diterapkan untuk pembelian produk dan masa berlakunya.