Tip Perbaikan Rumah agar Atap Bebas Bocor

Atap yang bocor kerap jadi masalah berkelanjutan bagi sebagian besar penghuni rumah. Khususnya ketika musim hujan menyambangi. Jangankan hujan besar, hujan kecil pun bisa jadi masalah. Terlebih lagi saat ini perkiraan cuaca tak menentu, sehingga kebocoran pasti merepotkan.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan atap bocor. Mulai dari ditemukannya genting berjarak, kebolongan, sampai hal-hal yang berhubungan dengan kesalahan teknis pembangunan, terutama di bagian atap rumah.

Untuk itu, perbaikan rumah guna memastikan atap Anda bebas bocor manjadi sangat penting. Selain mempercantik tampilan dan mengoptimalkan fungsi atap, solusi merenovasi juga mengurangi risiko Anda terpapar stres akibat bocor. Apa saja yang perlu Anda ketahui? Berikut tip-tipnya.

Kenali Kemiringan Atap dalam Perbaikan Rumah

Kemiringan atap yang tepat memiliki kemampuan menghalau air hujan dibarengi hembusan angin kencang. Alhasil, kemungkinan dinding rembes dan bocor semakin kecil.

Untuk itu, coba pastikan kemiringan atap tak terlalu landai atau sekitar 25 sampai 40 derajat.

Kemiringan atap yang melebihi 40 derajat berkemungkinan membuat genting merosot. Jika desain atap rumah Anda memerlukan kecuraman lebih dari 40 derajat, maka solusi lain perlu diambil. Misal, dengan memaku genting, atau menggunakan atap tertentu macam atap sirap agar tak mudah jatuh.

Manfaatkan Pelapis Atap

Perbaikan rumah dengan menggunakan pelapis atap. Ini bisa jadi solusi mengalirkan air yang masuk lewat celah atap ke arah talang. Bila ada genting yang pecah, Anda bisa mencoba memanfaatkan fungsi pelapis atap yang terbuat dari alumunium foil atau plastik dengan meletakkannya di bawah genting.

Perbaikan Rumah, Perhatikan Kondisi Rangka Atap

Untuk memastikan rangka atap selalu dalam kondisi prima, tak ada cara terbaik yang bisa Anda lakukan selain mengecek rutin rangka atap. Ini sangat penting sebagai langkah awal pencegahan dini kebocoran. Anda bisa mulai dengan mengecek rutin bagian plafonnya.

Perbaikan rumah, perhatikan juga apakah ada kayu yang mulai lapuk agar bisa segera diganti dengan yang baru. Sebab, kayu lapuk memudahkan genting bocor. Terlebih lagi rangka atap rumah yang rusak bisa membahayakan keselamatan pemiliknya bila sampai terjatuh dan menimpa.  Terutama jika hujan mengguyur terus-terusan.

Cek Rutin Bubungan Atap

Lakukan pengecekan rutin bubungan atap khususnya di musim hujan. Pastikan pembuatannya tidak terlalu tinggi untuk menghindari keretakan. Sebab, bubungan atap sangat rentan. Sedikit saja retak meski hanya 1 cm, bisa jadi sumber kebocoran. Untuk itu, segera tambal dan perbaiki menggunakan bahan pelapis kedap air  seperti yang bisa didapatkan di http://putrajaya1.com.

Bahan terbaik bubungan atap untuk perbaikan rumah memiliki dua komponen. Yakni komponen berbasis semen, filler dan aditif; serta berbasis akrilik. Kedua komponen tersebut berfungsi efektif saat digunakan pada permukaan yang kerap terendam air. Apabila ada keretakan, Anda tinggal menggantinya dengan yang baru.

Gunakan Talang

Pastikan talang atap yang Anda gunakan minimal sambungan, serta memiliki bentuk dan ukuran yang sesuai dengan jumlah dan debit air. Bersihkan juga sampah yang menghambat saluran air secara rutin. Ini memperkecil kebocoran dan kerusapan atap.