Mengenal 8 Jenis Palu, Manfaat, dan Cara Merawatnya

Palu adalah salah satu perkakas yang biasa digunakan untuk memudahkan kegiatan pertukangan seperti memalu paku, meluruskan plat, atau kegiatan lainnya. Meski begitu, untuk mengerjakan satu jenis pekerjaan terkadang dibutuhkan lebih dari satu macam palu, mengingat tidak semua palu bisa digunakan untuk bahan yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis palu, manfaat, cara perawatan agar alat perkakas yang satu ini tahan lama.

Palu konde

Jenis alat yang satu ini umumnya terbuat dari bahan besi atau baja dengan pegangan dari kayu. Bentuknya rata diujung satu dan bulat diujung yang lainnya. Alat ini bermanfaat untuk memaku benda pada bidang datar maupun mencekungkan benda kerja.

Palu pen searah

Fungsi dari alat yang satu ini hampir sama dengan palu konde yaitu untuk memaku paku yang berukuran cukup besar dengan pola searah. Alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk meratakan maupun merapatkan bagian sudut paku.

Palu pen melintang

Alat ini adalah kebalikan dari palu pen searah yang mampu merapatkan paku ataau benda yang semula terletak melintang. Alat ini umumnya terbuat dari besi atau baja.

Palu kayu

Sesuai dengan namanya, jenis alat pemaku yang satu ini terbuat dari kayu yang berukuran cukup besar dan berat. Manfaatnya adalah membentuk dan meratakan pelat yang terbuat dari bahan stainless steel tanpa merusak struktur pelat.

Palu plastik

Terbuat dari bahan plastik fiber yang bertujuan untuk memukul benda berbahan lunak, seperti pelat alumunium atau tembaga. Dengan menggunakan alat ini, bekas goresan yang muncul pada pelat bisa dihindari.

Palu kuningan

Saat Anda membuat produk dari pelat kuningan, salah satu alat yang bisa digunakan untuk memukul pelat tersebut adalah palu kuningan. Selain cukup ringan, alat ini menimbulkan goresan yang minim.

Palu tembaga

Saat seorang perajin atau tukang bangunan membuat produk berbahan pelat tembaga, salah satu alat pertukangan yang digunakan adalah palu tembaga. Dengan menggunakan alat yang satu ini, pemiliknya bisa memukul benda berbahan tembaga atau logam lain tanpa khawatir ada komponen dalam logam yang rusak.

Palu karet

Alat ini umumnya terbuat dari balutan karet tebal yang dapat memastikan komponen yang dipukul dengan alat ini sangat minim goresan dan kerusakan. Setelah mengetahui jenis dan manfaat alat pertukangan yang satu ini, Anda bisa melakukan kegiatan perawatan seperti berikut:

  1. Menyimpan kedalam kotak perkakas dengan posisi selang seling sesuai ukuran dan fungsinya.
  2. Menambahkan silika gel di ujung kotak perkakas untuk menjaga suhu dan kelembaban udara di sekitar alat. Dengan demikian, palu yang kebanyakan terbuat dari bahan logam tidak mudah berkarat.

Membungkus jenis palu tertentu dengan kain khusus untuk menjaga kebersihannya sebelum digunakan kembali.