Perbedaan Triplek Biasa dengan Multiplek

Dalam dunia perkayuan salah satu matrial yang familiar adalah triplek. Namun tidak banyak yang mengetahui multiplek. Bagi yang berkecimpung dalam dunia perkayuan tentu sudah paham apa perbedaan, kelebihan dan kekurangan antara triplek biasa dan multiplek, tetapi bagi orang awam tentu tidak tahu apa perbedaannya.

Persamaan dan Perbedaan Triplek Biasa dengan Multiplek

Persamaan triplek dan multiplek adalah bahan yang digunakan, yaitu terbuat dari lembaran-lembaran kayu tipis yang dipres kemudian di satukan menggunakan lem.

Sementara itu, perbedaan triplek dan multriplek adalah dari jumlah lapisan kayu. Triples menggunakan tiga lembaran kayu sedangkan multriplek lembarannya lebih dari 3 buah.

Ada banyak orang yang menganggap bahwa semakin banyak lembaran multiplek maka kualitasnya semakin bagus. Hal tersebut salah, karena kualitas multiplek ditentukan bukan karena banyaknya lembaran namun ditentukan cara dan proses pengolahan. Misalnya proses pengepresan, jenis lem yang digunakan, dan sebagainya.

Ukuran multiplek biasanya berkisar kelipatan 3mm, contohnya 9mm, 12mm, 15mm, dan sebagainya. Jika Anda menemukan multiplek tidak berkelipatan tiga, biasanya adalah produk gagal.

Jenis-jenis Multiplek

Berdasarkan kayunya multiplek dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Soft Wood, yaitu kayu lapis yang bahan dasarnya berupa kayu lunak. Karena beratnya ringan jenis plywood ini banyak digunakan untuk furniture di dalam ruangan.
  • Hard Wood, yaitu kayu lapis yang bahan asarnya berupa kayu keras, seperti kayu meranti atau kayu dari pohon buah-buahan. Karena berat, jenis plywood ini banyak digunakan untuk papan penahan saat proses pengecoran atau bisa digunakan untuk furniture.
  • Triplek Fancy atau dikenal dengan sebutan triplek dekorasi, yaitu kayu lapis yang memiliki permuaan yang berasal dari kayu sehingga tampilannya begitu artistik. Seperti kayu paa pohon mahoni, jati, red oak, maple, dan sebagainya.

Ada banyak kelebihan jika Anda menggunakan multiplek, yaitu lapisan kayunya lebih rapat sehingga dari dari segi kekuatan lebih kuat dan lebih tahan terhadap air. Kelebihan lainnya tidak mudah dijadikan sarang rayap karena menggunakan lem dan lebih tahan lama. Karena kualitasnya yang baik tidak heran jika harga perlembar multiplek dipasaran lebih mahal dibandingkan jenis triplek lainnya.

Incoming search terms:

,,perbedaan antara triplek dengan multiplek (1),