Tips Merenovasi Rumah dengan Biaya Terbatas

Saat Anda membeli rumah, mungkin modelnya masih standar perumahan. Misalnya rumah dengan tipe 21 atau 36 dan memiliki teras mungil. Bagaimana jika anggota keluarga Anda bertambah? Mau tak mau Anda harus menambah ruangan untuknya.

Jika pembangunan tidak bisa dilakukan melebar ke samping, maka hanya bisa direnovasi dengan membuatnya jadi rumah 2 atau 3 lantai. Jadi Anda membutuhkan bahan bangunan seperti genteng dan Mortar Utama pada saat renovasi. Ini cara merenovasi rumah jika dana Anda masih terbatas.

  1. Hubungi Arsitek

Saat akan merenovasi rumah, jangan langsung mencari tukang dan mandor, tapi carilah arsitek terlebih dahulu. Arsitek akan merancang lantai 2 dan 3 rumah Anda, sehingga semua letak ruangan ditata dengan baik. Ia juga bisa memperkirakan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli cat tembok, bata merah, Mortar Utama, dan lain-lain.

Jangan takut saat akan menelepon arsitek. Biaya jasa arsitektur mungkin agak mahal, tapi lebih baik serahkan pada ahlinya. Lebih baik arsitek yang mendesain ruangan-ruangan di rumah Anda, daripada nanti rumah yang direnovasi akan terlihat aneh karena salah desain.

  1. Gunakan Semen Instan

Semen instan atau Mortar Utama adalah semen yang sudah tercampur dengan pasir, komposisinya juga sudah diatur dengan cara komputerisasi. Anda bisa menghemat uang untuk membeli pasir dan ongkos transportasi pengiriman pasirnya.

Harga semen instan mungkin sedikit di atas harga semen biasa, tapi Anda tetap bisa menghemat uang karena tak usah membeli ayakan pasir. Kerja dari para tukang dan kuli juga lebih cepat, karena mereka tidak usah mengayak pasir, lalu mencampurnya dengan semen. Jadi, jam kerja mereka lebih sedikit dan Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayar gaji ekstra.

  1. Pakai Jasa Mandor Terpercaya

Saat merenovasi rumah, Anda bisa menggunakan metode pembayaran harian atau borongan. Jasa mandor sangat diperlukan karena ia yang memilih kuli dan tukang dan membelikan genteng, cat, dan Mortar Utama.

Tanyakan pada tetangga atau saudara, siapa tahu mereka punya rekomendasi mandor yang jujur dan terpercaya. Mengapa harus terpercaya? Karena ia akan jujur dan mengembalikan kelebihan biaya pembelian bahan bangunan jika renovasi sudah selesai. Ia juga bisa mengawasi kinerja para tukang sehingga rumah Anda akan makin cantik setelah direnovasi.

Merenovasi rumah bertingkat tidak butuh biaya hingga ratusan juta. Jika dana Anda masih terbatas, maka buatlah bangunan 2 tingkat saja. Percayakan jasa desain rumah yang baru pada arsitek yang handal. Lalu, belilah material yang berkualitas, seperti genteng, cat, dan Mortar Utama. Pilih juga mandor yang jujur dan terpercaya.

Selamat merenovasi rumah tanpa harus kehabisan uang di akhir bulan.