Tips Cara Menghitung Material Bangunan Rumah Dengan Tepat

Hal pertama yang harus kamu perhitungkan sebelum membuat rumah adalah menghitung dana atau budget untuk membangun rumah yang kamu impikan. Salah satunya mengitung material bangunan rumah yang diperlukan. Menghitung bahan material apa saja yang dibutuhkan tentunya membutuhkan perhitungan yang cermat. Sebab jika kita salah hitung dan budget kita kurang, bisa jadi pembangunan rumah atau bangunan yang kita tangani terhambat.

Lalu bagaimana caranya menghitung material rumah dengan tepat? Agar pembangunan rumah dapat berjalan dengan baik tanpa kekurangan material dan tidak berhenti di tengah jalan. Berikut beberapa tips untuk menghitung material bangunan rumah dengan tepat.

  1. Berapa Luas Bangunan Yang Akan Dibangun

Kamu harus tahu terlebih dahulu berapa luas bangunan yang akan kamu bangun. Luasnya bangunan yang akan kamu bangun akan mempengaruhi banyaknya material yang kamu butuhkan. Oleh karena itu, ketahuilah berapa luas bangunan yang akan kamu buat. Ukur rumah atau bangunan yang ingin kamu buat dengan cermat.

  1. Mengetahui Harga Bangunan

Sebelum membangun sebuah rumah, ada baiknya kamu mengetahui harga material bangunan rumah yang dibutuhkan, seperti harga cat, paku, semen, pasir dan lain-lain. Setelah mengetahui berapa luas bangunan yang akan kamu bangun, maka kamu bisa memperkirakan berapa banyak material yang akan kamu butuhkan. Tinggal menghitung berapa harga material. Untuk menghitung berapa harga material ada baiknya kamu survey terlebih dahulu ke toko bahan bangunan mengenai harga material bangunan.

  1. Catatlah Semua Pengeluaran Pembelian Bahan Dengan Cermat

Untuk berjaga-jaga jangan lupa untuk mencatat pengeluaran, tidak hanya pengeluarasn besar, namun kamu juga harus memperhitungkan pengeluaran kecil lainnya. Misalnya saja pembelian paku, pembelian lem kayu, dan pembelian lainnya.

  1. Konsultasikan Dengan Arsitek

Agar lebih pasti dalam memperkirakan banyaknya material yang dibutuhkan kamu bisa berkonsultasi dengan arsitek yang berpengalaman dalam membangun rumah. Mungkin dengan berkonsultasi kamu mendapat perhitungan yang lebih tepat dan akurat tentang material bangunan rumah yang kamu butuhkan.

Selain beberapa hal di atas, kamu juga harus memperhitungkan biaya pekerja bangunan. Sebuah rumah tidak akan berdiri tanpa adanya pekerja. Oleh karena itu, kamu perlu tahu berapa biaya pekerja dalam mendirikan rumah. Biasanya mereka memakai dua sistim pembayaran. Borongan, atau harian. Jika memakai sistim borongan, maka kamu akan membayar pekerja sekaligus, dengan target waktu jadi yang kamu tentukan. Sementara harian, kamu harus membayar pekerja per hari sesuai dengan tarif yang kalian sepakati.

Dalam memilih material bangunan rumah hal yang terpenting adalah kualitas. Kualitas bahan yang bagus akan membuat bangunan kokoh dan awet. Jangan terpancing membeli material rumah dengan harga murah jika kualitasnya tidak bagus.