Jenis-Jenis Mata Bor dan Fungsinya

Mata Bor dan bor adalah salah satu alat yang penting dan harus dimiliki oleh seseorang yang bekerja di beberapa jenis teknik seperti pembangunan, mekanik, dan masih banyak yang lainnya. Bor adalah alat utama untuk membuat lubang yang nantinya digunakan sebagai pengikat antara satu benda dengan benda yang lainnya. Keberadaan bor sangatlah penting ketika harus memasang mur, baut, paku, atau alat-alat penghubung lainnnya. Beberapa benda yang sering dibor adalah tembok, kayu, besi, plastik, dan kaca. Dari semua benda yang disebutkan tentunya memiliki alat bor yang berbeda-beda pula karena tingkat kepdatan yang harus diperhatikan agar bahan yang dibor tidak rusak. Pengeboran pada logam akan sangat berbeda dengan pengeboran pada kaca. Salah satu elemen penting yang menentukan pengeboran pada benda adalah mata bor yang digunakan. Sehingga mengetahui jenis-jenis mata bor dan fungsiny sangatlah penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan pada bidang yang ingin di bor. Berikut ini adalah jenis-jenis mata bor dan fungsinya.

Twist Bits

Twist bits merupakan mata bor yang paling sering digunakan oleh para pekerja teknisi ataupun bangunan, baik dengan mata bor tangan atau mata bor duduk. Twist bits berbentuk seperti lilitan yang memanjang berjalan satu arah. Mata bor ini juga multifungsi karena bisa digunakan secara horisontal maupun vertikal. Lubang bor yang dibuat dengan twist bits sangat cocok digunakan untuk lubang baut yang difungsikan sebagai pengikat sesuatu dengan lebih kencang. Twist bits bisa digunakan untuk mengebor kayu, logam, atau plastik. Adapun ukuran yang disediakan pada jenis ini yaitu 4 mm – 12 mm.

Masonry Bits

Mata bor jenis ini sudah pasti dimiliki oleh tenaga bangunan karena fungsinya sebagai pengebor lubang di tembok dan beton. Masonry bits merupakan mata bor yang paling kuat dikelasnya kaena bentuknya yang menciptakan daya dorong dan daya gedor yang sangat kuat sehingga bisa menembus benda-benda yang padat seperti tembok beton atau batu. Pada ujuang mata bor ini terdapat mata pisau yang runcing untuk mempermudah mendapatkan daya tekan untuk membentuk lubang pada media yang sangat keras. Adapun ukuran yang disediakan dari jenis masonry bits yaitu 4 mm – 15 mm.

Forster Bits

Mata bor jenis ini berfungsi untuk membuat lubang engsel sendok. Bentuknya yang tidak simentris dan memiliki ujung yang lebih besar membuat mata bor jenis ini lebih cocok digunakan menggunakan bor duduk agar penggunaannya lebih stabil dan berfungsi dengan maksimal. Lubang pada engsel sendok yang dilubangi menggunakan forster bits yang menggunakan bor tangan dirasa tidak maksimal karena tekanan yang dihasilkan dari bor ini cukup besar dan membuat pegangan tangan tidak stabil dan justru ditakutkan merusak lubang yang dibuat mata bor.