Fungsi Kunci Inggris dan Cara Memakainya dengan Benar

Kunci inggris atau di beberapa negara disebut dengan english key merupakan salah satu alat yang paling umum dimiliki oleh mekanik atau bengkel-bengkel otomotif. Kunci bagi seoran mekanik merupakan bagian dari nyawa karena digunakan untuk membongkar bagian-bagian yang bermasalah pada mesin. Kunci adalah bagian paling penting yang sudah pasti dimiliki oleh mekanik-mekanik.

Salah satu kunci yang paling fleksibel digunakan adalah kunci inggris. Perbedaan kunci inggris dengan kunci-kunci lainnya adalah fleksibilitas yang dimiliki oleh kunci inggris yang mampu digunakan untuk melepas ikatan berskala besar maupun skala kecil. Kunci inggris ditemukan di inggris oleh richard clyburn pada tahun 1842. Penemu yang merupakan orang asli inggris inilah yang membuat kunci model ini dinamakan dengan kunci inggris.

 Fungsi Kunci Inggris

Fungsi utama dari kunci inggris tentunya adalah melepaskan ikatan sebagaimana kunci yang lainnya. Kunci inggris digunakan sebagai plan B atau cadangan dari semua jenis kunci. Mulai dari kunci pas, kunci socket, atau kunci ring. Kesemua kunci tersebut bisa diwakili oleh kunci inggris. Banyaknya fungsi yang bisa diperankan oleh kunci inggris dikarenakan bentuknya yang bisa direnggangkan dan disempitkan sesuai ukuran kunci yang dibutuhkan. Akan tetapi menggunakan kunci inggris haruslah diperhatikan dan dilakukan dengan benar karena tak jarang pemakaian kunci inggris yang salah membuat baut atau mur yang dilepaskan menjadi rusak dan aus. 

Cara Pemakaian Kunci Inggris yang Benar

  1. Setel kunci inggris dengan benar dan tepat sehingga rahang-rahangnya dapat mencengkeram dengan kuat pada mur atau baut yang ingin dilepaskan. Pas dan kencang merupakan hal yang harus dipastikan jika ingin menjaga baut atau mur agar tidak rusak karena jika tidak pas akan membuat mur atau baut rusak karena tekanan yang dihasilkan. Rapatkan hingga tidak ada ruang kecil yang terlihat.
  2. Menempatkan rahang penyetel kunci inggris pada bagian dalam. Penempatan rahang penyetel ini bisa memudahkan mur atau baut saat diputar. Jika pemasangan sudah tepat dengan bagian dalam yang benar maka rahang mampu memutar mur dan baut secara maksimal. Jika tidak dijepit dengan maksimal maka besar kemungkinan kepala baut atau mur akan mengalami kerusakan atau aus.
  3. Memutar arah tangkai kunci inggris dengan arah tertarik bukan arah mendorong. Dengan arah terterik akan menyebabkan penekanan yang maksimal karena tumpuan akan lebih pas dan sesuai dengan tarikan yang diberikan. Hal ini membuat mur atau baut lebih cepat terlepas dengan aman dan baik. Berbeda dengan gerakan mendorong karena pada umumnya gerakan mendorong akan memberikan dorongan yang lebih besar jika dibandingkan tekanan dari tarikan.

Itulah penjelasan dari fungsi kunci inggris dan cara pemakaiannya dengan benar agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan mengetahui cara yang benar sehingga mur dan baut yang dilepaskan tidak rusak karena kunci inggris.

Share this post

leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>