Apakah Harga Batako Putih Per Kubik Berpengaruh pada Pemasangan? Cek Juga Perbandingan dengan Bata Merah di Sini!

Sudah tahu dengan batako putih atau bata hebel atau bata ringan? Jenis terbaru dari batu bata dengan polesan modernitas ini kini banyak digunakan untuk beberapa bangunan, salah satunya adalah rumah. Kini banyak rumah yang dibangun dengan menggunakan bata ringan tersebut. Apakah itu jauh lebih mahal ketimbang dengan batu bata yang merah? Harga batako putih per kubik ini diklaim memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan bata yang merah lho!

Lalu kenapa bisa dikatakan jauh lebih murah? Mari kita lihat perbandingannya dulu yuk di sini:

Bagaimana Bahan Bakunya?

Batako Putih

Bahan baku untuk batako putih terdiri dari pasir kwarsa, kapur, semen, air, tambahan sedikit gypsum, dan juga alumunium pasta agar bisa mengembang. Semua adonan tersebut akan dicampur, dan bisa mengembang dengan sendirinya selama 7-8 jam lamanya.

Khusus untuk alumunium pasta yang tadi digunakan, selain untuk mengembangkan batako putih, juga untuk menguatkan tingkat kekerasan beton. Kandungan yang diberikan dari alumunium pasta ini sekitar 5-8 persen dari adonan yang akan dibuatkan. Untuk langkah akhir, adonan padat batako putih ini akan dipotong sesuai ukuran yang ada.

Bata Merah

Lain halnya dengan bata merah, adonan utamanya adalah dengan tanah liat, yang dicampur dengan bata pasir kapur serta bata mortar. Pembuatannya pun masih konvensional dengan cara dicetak, lalu dibakar. Untuk bahan utama tanah liat pun tidak bisa sembarangan. Hanya tanah liat yang memiliki kandungan pasir tertentu saja yang bisa digunakannya.

Ukuran Bata Per Buahnya

Batako putih memiliki ukuran yang seragam karena dibuat dengan mesin. Umumnya ukuran batako putih adalah 60 x 20 cm, dengan tingkat ketebalannya mencapai 7,5 – 10 cm. Dengan ukuran tersebut, pembangunan dinding diklaim akan jauh lebih rapi karena seragamnya ukuran batako putih. Keyword harga batako putih per kubik

Sedangkan untuk bata merah, ukurannya disesuaikan oleh pabrik pembuat serta daerah asal di mana bata tersebut dibuat. Namun secara umum, ukuran bata merah itu adalah dengan panjang 17-23 cm, lebar 7-11 cm, dan tebal dengan 3-5 cm. Berat yang dimiliki bata merah per buahnya di kisaran 3 kilogram.

Dengan bahan adonan yang dimiliki, serta dengan ukurannya, tingkat kedap air dari batako putih ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan bata merah. Jadi rembesan air kemungkinan besar akan lebih cepat dialami oleh penggunaan bata merah, dibandingkan batako putih.

Lalu apakah harga batako putih per kubik ini akan berpengaruh terhadap biaya pemasangannya? Jelas akan berpengaruh dan penggunaan bata merah dalam per meter kubiknya akan jauh lebih membengkak dibandingkan dengan batako yang putih. Terlebih dengan tambahan biaya dari proses aciannya. Patut diketahui bahwa acian untuk penggunaan batako putih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan bata merah.

Nah itulah sedikit perbandingan antara batako putih dengan bata merah dari bahan dan ukurannya. Jika ingin mengetahui berapa harga batako putih per kubiknya, bisa menghubungi nomor kontak 0815 1928 8718  ya!