Harga Atap Seng Memang Terjangkau. Namun Kenali Dulu Plus dan Minusnya!

Apa jadinya jika sebuah bangunan tidak mempunya atap yang memadai? Tentunya tidak akan bisa melindungi yang ada di dalamnya, bukan? Untuk itulah, banyak orang menggunakan atap terbaik agar bisa kokoh menghadapi banyak kendala. Namun penggunaan atap pun bisa disesuaikan dengan fungsinya. Sebagai contohnya dengan atap seng yang memiliki bahan material cukup ringan. Bahkan dengan harga atap seng yang cukup terjangkau, banyak orang menyisipkan seng ini di dalam atapnya.

Material seng sendiri sudah sangat bayak ditemui di sekitar kita. Ada yang memakainya untuk dijadikan atap, atau ada juga yang dijadikan dinding. Namun pada dasarnya, penggunaan atap seng ini lebih terjangkau dan bisa menyentuh banyak lapisan masyarakat.

Selain memiliki harga yang cukup terjangkau, bahan material seng ini sendiri cukup tahan lama sehingga awet untuk digunakan. Bahan utamanya adalah kandungan zinc, yang menyelimuti seluruh lembaran seng. Namun seng sendiri akan menjadi rapu ketika lapisan zinc ini sudah tidak lagi menempel. Namun tenang saja, waktu yang dibutuhkan untuk rapuhnya seng ini sekitar 30 tahunan lho! Harga atap seng ini tidak mengikat. Sangat cepat naik turunnya harga.

Dalam wktu tersebut, ketika lapisan zinc ini memudar maka seng akan mengalami karat. Karat inilah yang memudahkan seng untuk cepat hancur. Namun kekuatan yang dimiliki seng ini bisa kita acungi jempol, terutama untuk dijadikan sebagai atap.

Lalu, apa saja sih kelebihan yang dimiliki oleh atap seng yang umumnya memiliki bentuk bergelombang ini? Ini dia kelebihannya:

  • Untuk yang utama adalah harga atap seng ini cukup terjangkau, jika dibandingkan dengan atap jenis yang lainnya.
  • Kadar kekuatan yang dimilik seng ini cukup bisa diandalkan. Jadi jika ingin menggunakan sebagai atap pun tidak terlalu menjadi masalah.
  • Hampir banyak toko material yang menjual atap seng gelombang ini. Jadi kita tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya di manapun berada.
  • Untuk pemasangannya sangatlah mudah dan juga cepat, jadi tidak akan memakan waktu dan tenaga.
  • Untuk musim hujan ataupun kemarau, penggunaan atap seng ini bisa dilakukan karena seng ini bisa bertahan kepada dua musim tersebut.

Di samping kelebihan yang dimiliki atap seng, material ini juga memiliki kelemahannya, yakni:

  • Seng yang memiliki lapisan zinc akan tetap kuat. Namun jika lapisan zinc ini habis maka seng akan cepat karatan dan rapuh.
  • Seng yang tipis akan cukup berisik jika terkena air hujan dan membuat penghuninya tidak terlalu nyaman.

Lalu berapa sih harga atap seng ini jika kita ingin menggunakannya? Seperti bahasan di awal, harga untuk atap jenis seng ini sangatlah bersahabat dengan kantong. Kita akan menemui seng yang memiliki harga 40 ribuan sampai dengan 100 ribuan per lembarnya. Yang membedakan harga dari seng ini adalah tingkat ketebalannya. Jadi bisa kita sesuaikan sendiri ya!