Fungsi Gerinda Tangan Praktis dan Serbaguna

Gerinda tangan adalah jenis mesin yang fungsi utamanya untuk menggerinda berbagai benda kerja utamanya berbahan logam keras contohnya stainless steel dan besi. Mungkin beberapa dari Anda sudah familiar dengan gerinda karena sudah sering menggunakan untuk mengasah benda seperti pahat dan pisau. Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membagikan beberapa ulasan mengenai gerinda tangan yang patut Anda ketahui.

Spesifikasi Utama Gerinda Tangan Serta Komposisi di Dalamnya

Tujuan dari menggerinda adalah merapikan hasil dari pemotongan, hasil las, membuat variasi lengkungan di benda yang bersudut serta menyiapkan permukaan benda sebelum dilas. Pada umumnya mesin penggerinda sengaja didesain untuk menghasilkan kecepatan antara 11000 sampai 15000 rate per minute. Batu grinda terbuat dari bahan aluminium oksida dengan kekerasan dan kekasaran yang sudah diatur sebelumnya supaya mampu menggerus bagian permukaan logam, kayu, keramik, beton, bata, kaca, genteng, batu alam dengan baik menjadi bentuk yang diharapkan. Sebelum menggunakan perangkat mesin gerinda, kita wajib menggunakan alat pelindung diri karena memang gerinda mempunyai resiko kecelakaan yang lebih besar. Contoh peralatan keselamatan kerja antara lain pelindung hidung (masker), pelindung mata, sarung tangan, dan jangan lupakan handle tangan.

Aplikasikan Alat Kerja Gerinda Secara Bijak dan Cerdas

Setelah menelusuri spesifikasi dan bahan pembuat gerinda, selanjutnya kita akan mengintip aplikasi gerinda pada benda kerja seperti apa. Apabila Anda ingin memotong kayu, mata gergaji yang digunakan berukuran 4 inchi contohnya merk GMT dan eye brand. Jika ingin memotong bahan batu alam, genteng, bata, keramik, beton maka mata potong yang tersedia adalah Makita dan Bosch. Mesin gerinda tangan dengan ukuran 4 inchi sering digunakan untuk usaha kecil menengah serta kegemaran atau hobi. Khusus untuk gerinda yang ukurannya besar lebih sering diperuntukkan bagi industri besar.

Keyword Gerinda tangan

Tipe mesin gerinda tangan standar mempunyai daya listrik dengan kisaran antara 500 sampai 700 watt. Bagi mesin gerinda yang tenaganya lebih besar mempunyai daya kekuatan sekitar lebih dari 800 watt. Jika memotong bahan yang lebih keras, pastikan jangan menggunakan mesin gerinda tipe standar ini karena nantinya mesin bekerja terlalu keras, mengharuskan penggunaan torsi lebih besar serta ketahanan panas cukup tinggi. Mesin gerinda berkecepatan lebih rendah digunakan untuk benda kerja bermaterial kaca, biasanya ada setelan atau pengaturan kecepatan agar pekerjaan menjadi lebih mudah.

Demikian pembahasan yang telah kami bagikan untuk Anda dalam pengaplikasian mesin gerinda supaya lebih mudah dan berguna. Satu poin yang harus diingat adalah perhatian serta keselamatan kerja personalia supaya tetap aman dalam berkarya dan bekerja, meminimalisir terjadinya resiko cedera lebih lanjut. Semoga ulasan di atas dapat memberikan banyak pengetahuan serta wawasan mengenai serba-serbi gerinda tangan.

Share this post

leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>