Cara Menggunakan Aquaproof

Aquaproof atau cat pelapis anti air kini mulai digemari. Hal ini tidak terlepas dari beberapa manfaat dari Aquaproof yang tentu saja baik untuk dinding. Namun ternyata, Cara Menggunakan Aquaproof ini tidak lah sembarangan. Terdapat beberapa pakem yang dapat anda lakukan agar anda memperoleh hasil yang maksimal. Berikut ini adalah cara untuk mengaplikasikan aquaproof secara benar dan tepat.

  1. Persiapkan Permukaan

Yang pertama anda harus mempersiapkan permukaan yang akan anda aplikasikan dengan aquaproof. Cara untuk mempersiapkan permukaan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan bahwa permukaan yang anda akan gunakan tidak rapuh dan dalam keadaan yang bersih. Bersih yang dimaksudkan disini bukan hanya terlihat bersih, namun memangharus bersih dari debu, minyak, karat, jamur, cat yang sudah lapuk dan kotoran yang lainnya. Setelah dibersihkan, permukaan ini juga harus dikeringkan dengan baik.
  • Untuk permukaan dengan lapisan yang berpori atau tidak rata seperti misalnya beton, anda dapat menggunakan super cement. Untuk memperoleh hasil yang optimal, anda dapat mengaplikasikan super cement sebagai bahan primer atau campuran semen. Perbandingannya adalah 1,5 :1 untuk semen : super semen.
  1. Persiapan untuk Sambungan dan Retakan

Untuk persiapan sambungan dan retakan, hal hal yang perlu anda lakukan adalah:

  • Lapiskan aquaproof di permukaan dari beton atau dinding yang memiliki retak rambut. Cara Menggunakan Aquaproof dapat menggunakan kape untuk memastikanĀ  bahwa celah telah terisi dengan sempurna. Jika celah yang ada cukup lebar anda dapat menggunakan aquaproof dengan campuran pasir halus demham ukutan maksimum 30 mesh dan perbandingan 1:1 untuk volumenya.
  • Untuk sambungan yang membutuhkan daya tahan ekstra atau yang bergerak, akan lebih baik jika pemakaian aquaproof diperkuat dengan supermesh atau polyester mesh di atas lapisan pertama aquaproof yang masih basah. Setelah lapisan tersebut kering, berikan lapisan yang kedua. Untuk tempat tempat yang sekiranya membutuhkan perlindungan eksra, anda dapat membubuhkan lapisan aquaproof hingga ketiga kalinya.
  1. Mengaplikasikan Lapisan Aquaproof

Selanjutnya anda dapat mengaplikasikan lapisan aquaproof. Anda harus ingat bahwa lapisan atau permukaan yang akan anda lapisi dengan aquaproof harus benar benar kering. Berikut ini ada dua cara menggunakan aquaproof atau mengaplikasikan aquaproof. Cara tersebut adalah dengan menggunakan roll atau kuas dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan sebuah alat yang juga dikenal dengan nama airless spray. berikut ini ulasannya:

  • Dengan Kuas atau Roll. Jika anda menggunakan roll atau kuas, sapukan aquaproof dengan merata hingga anda memperoleh daya sebar sebanyak 1 kg/m2 dengan menggunakan 2x pelapisan sera pastikan bahwa seluruh permukaan, terutama permukaan yang kasar danĀ  tidak rata telah dilapisi dengan baikdan sempurna.
  • Menggunakan alat airless spray. salah satu cara lain yang dapat anda lakukan untuk Cara Menggunakan Aquaproof selain menggunakan kuas atau roll adalah airless spray. faktanya,aquaproof bahkan sangat cocok jika diaplikasikan dengan menggunakan alat ini.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai aquaproof dan cara penggunaan aquaproof yang paling tepat untuk bangunann miliki anda. Aquaproof memang memiliki manfaat yang baik untuk melapisi rumah, namun tentu saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal, proses pengaplikasiannya pun harus dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda, terutama dalam hal Cara Menggunakan Aquaproof secara tepat dan benar.

Incoming search terms:

,,cara menggunakan aquaproof (247),,cara menggunakan aquaproof yang benar (103),,cara pakai aquaproof (63),,cara penggunaan cat aquaproof (37),,campuran aquaproof (29),,cara penggunaan aquaproof (29),,daya sebar aquaproof (27),,cara pemakaian aquaproof (22),,cara memakai aquaproof (21),,campuran cat aquaprof (18),