Strategi Jitu dan Cara Membuka Toko Material 

toko bangunanToko apa yang selalu ada di dekat perumahan? Dapat dipastikan adalah toko material. Jelas sekali keterkaitannya. Developer perumahan dan toko material mempunyai hubungan simbiosis mutualisme. Melihat banyaknya toko material di setiap daerah, maka terbesit pikiran bagaimana strategi jitu dan cara membuka toko material

Cara membuka toko material 

  1. Menentukan modal awal

Klasfikasi toko material berdasarkan modal

  • Toko material dengan modal minimal 35 juta

Tahap awal membuka toko material bisa dengan modal 35 juta. Kita akan mendapatkan dua jenis barang, alat-alat bangunan seperti kuas, cat, gergaji, paku. Toko material jenis ini memungkinkan orang membeli sendiri tanpa proses pengiriman.

  • Toko material dengan modal 60 juta – 200 juta

Toko material dengan modal ini sudah terlihat komplit. Toko jenis ini sudah juga mempunyai mobil colt untuk mengirimkan pasir, semen, batu kali dan material yang perlu diantar. Sudah terdapat juga beberapa alat bangunan, alat listrik dalam jumlah beberapa biji.

  • Toko material dengan modal lebih besar 200 juta

Toko ini sudah komplet dengan target pasar lebih luas. Material juga sudah dijual dengan harga grosir sehingga meningkatkan daya saing toko kita.

  1. Jeli memilih sales material

Terkadang sales material yang menawarkan barang menginginkan dibayar tunai meski barang belum tentu cepat laku di toko material kita.

  1. Memperhatikan titik lemah kompetitor

Kita harus mengetahui apa yang bisa kita lakukan dan pesaing tidak bisa lakukan. Hal tersebut tentu berdasarkan survei tentang apa yang pelanggan butuhkan.

  1. Jam buka toko lebih lama

Membuka toko lebih lama dari kompetitor akan memberikan peluang datangnya pelanggan lebih banyak, terutama para karyawan yang baru bisa membeli alat bangunan sepulang dari kerja.

  1. Memberi keleluasan pelanggan memilih

Jika dulu urusan membeli material selalu diserahkan pada tukang, sekarang sudah beda. Pelanggan lebih memilih membeli sendiri, agar leluasa memilih yang sesuai dengan karakternya. Pelanggan sekarang semakin selektif dan pintar memilih. 

Itu tadi strategi jitu dan cara membuka toko material. Semoga bermanfaat.

Atau kontak kami jika anda ingin bantuan kami, terima kasih.