Bagaimana Cara Membuat Rak Besi 

Rak besi merupakan salah satu alternative yang dapat anda lakukan jika bangunan rumah anda tidak memilikilahan lagi untuk membuat gudang. Rak besi juga dapat digunakan untuk menyimpan beberapa barang yang banyak namun rak besi hanya membutuhkan space yang tidak terlalu besar. Untuk memperoleh rak besi, anda dapat dengan mudah membelinya di berbagai toko bangunan yang menyediakannya. Namun bagi sebagian orang, membeli rak besi jadi terkadang tidak sesuai dengan keinginan mereka termasuk untuk hal harga yang kadang dirasamasih mahal. Oleh karena itu, membuat sendiri rak besi dapat menjadi solusi yang paling masuk akal.

Lalu, bagaimana cara membuat rak besi sendiri? Jika anda tertarik,maka anda harus menyimak ulasan di bawah ini.

Hal yang Harus Dipersiapkan

Sebelum mulai membuat rak besi, tentu saja anda harus menyiapkan beberapa material atau bahan agar pembuatan rak besianda dapat berjalan dengan lancar. Beberapa material yang harus anda siapkan antara lain adalah sebagai berikut ini:

  • Besi siku sebanyak 16 batang ( per batang biasanya memiliki panjang sekitar 3m)
  • Triplek 1cm sebanyak tiga lembar. Anda dapat pula menggunakan triplek 80mm tergantung dengan apa kebutuhan anda
  • Besi siku L ebanyak 150 buah
  • Baut 13’sebanyak 210 buah
  • Meteran dan gergaji besi

Biaya yang dibutuhkan untuk belanja material tersebut hanya sekitar 700 rubu rupiah. Biaya yang cukup murah bukan?

Cara Membuat Rak Besi

Setelah memiliki semua material diatas, kinii anda siap untuk membuat rak besi anda sendiri. Caranya adalah:

  1. Potonglah besi siku dengan menggunakan gergaji besi dengan panjang 215 cm dan sebanyak 10 batang. Potong pula besi dengan panjang 65 cm sebanyak 10 batang, besi dengan panjang 210cm sebanyak 4 batang, besi dengan panjang 50 cm sebanyak 8 buah, besi 60 cm sebanyak 5 buah.
  2. Kemudian, raki besi besi tersebut hingga membentuk rak. Besi dengan ukuran 215 cm berfungsi sebagai rangka panjang; besi 65 cm berfungsi sebagai rangka lebar. Besi 210cm berfungsisebagai rangka tinggi dan besi dengan panjang 60 cm sebagai penguat di tengah rangka lebar. Keyword cara membuat rak besi
  3. Kemudian, rangkai besi besi tersebut dengan menggunakan baut 13’ yang telah anda persiapkan tadi dan juga siku L sebagai penguat pada setiap siku dari rak besi.
  4. Setelah anda selesai merangkai besi besi tersebut hinga membentuk rak besi, potonglah trip triplek yang telah dipersiapkan tadi dengan ukuran yang disesuaikan dengan besar dari setiap lapisan rak.

Rak besi yang telah tersusun ini secara garis besar memiliki ukuran panjang 215 cm, lebar 5 cm, tinggi 210 cm dan memiliki total jumlah  4 rak. Setelah anda melakukan beberapa tahapan diatas, kini anda telah memiliki rak besi anda sendiri yang sesuai dengan kebutuhan anda. jika anda tidak dapat membuatnya sendiri, anda dapat meminta bantuan tukang untuk pengerjaan rak besi ini. Cara membuat rak besi

Bagaimana? Cukup mudah kan? Cara membuat rak besi sendiri memang terlihat ribet, tapi faktanya hal ini tidak terlalu sulit. Membuat rak besi sendiri selain dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda, juga dapat membuat anda lebih hemat anggaran. Hal ini karena faktanya membuat rak besi sendiri memang jauh lebih murah jika dibandingkan anda harus membeli rak besi yang sudah jadi. Selamat mencoba!

Incoming search terms:

,,cara membuat rak dari besi siku berlubang (44),,cara membuat rak besi (34),,cara merakit rak toko sendiri (27),,cara membuat rak aquarium dari besi siku (23),,cara membuat rak besi sendiri (18),,membuat rak besi sendiri (16),,cara membuat rak toko sendiri (10),,membuat rak aquarium (7),,cara membuat rak dari besi siku lubang (5),,cara membuat rak besi aquarium (3),