Pengertian dan Cara Penggunaan Bor Tangan Pada Umumnya

Bor tangan merupakan suatu alat yang digunakan untuk membuat perluasan, alur, lubang yang kemudian dihaluskan secara akurat dan presisi. Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu di bengkel dan bermain dengan perkakas pasti sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Cara kerja mesin bor pada umumnya yaitu memutarkan mata bor terhadap bidang benda yang akan dilubangi nantinya. Bor sangatlah berjasa di kegiatan sehari-hari baik rumah maupun bidang industri. Lebih jelasnya akan kami bagikan informasi lengkapnya khusus untuk Anda.

Keunikan dan Ciri Khas Utama Mesin Bor Tangan

Salah satu jenis mesin bor yang praktis dan unik adalah bor tangan. Mesin bor tangan adalah alat bor yang operasionalnya menggunakan tangan dan bentukannya mirip pistol. Mesin bor ini tidak hanya digunakan untuk membuat lubang halus namun bisa juga mengencangkan serta melepaskan baut yang dilengkapi dua putaran yaitu kiri dan kanan. Mesin bor tangan kini mempunyai ragam ukuran, kapasitas, bentuk, serta kegunaannya masing-masing.

Berikut ini beberapa bagian mesin bor yang perlu Anda tahu:

  1. Tiang yang dipakai untuk menyangga bagian saat proses pengeboran, berbentuk silinder dan ada alur atau rel sebagai jalur vertikalnya
  2. Sudah pasti menyediakan meja untuk tempat meletakkan benda yang mau dibor. Jangan lupa untuk melengkapi meja dengan pengunci supaya posisi sesuai dengan yang diinginkan,
  3. Mata bor merupakan kunci utama dan menjadi penentu bagus tidaknya alat bor Anda. Mata bor yang cukup populer dipakai adalah jenis spiral. Mengapa demikian? Karena daya hantar cukup baik,  alurnya menyerupai sekrup, serta bidang potong bisa diasah tanpa merubah diameter alat bor.
  4. Komponen penting selanjutnya adalah kelistrikan yang terdiri atas kabel power serta kabel penghubung, lampu indikator, fuse / sekring, saklar off / on serta pengatur kecepatan.

Proses dan Tahapan Pengerjaan Menggunakan Alat Bor

Setelah mengetahui apa saja komponen penyusun alat bor, berikutnya kami akan sedikit membagikan garis besar mekanisme pengeboran untuk Anda:

  1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah perakitan alat bor serta penyiapan benda yang akan dibor alias dilubangi, Anda bisa menentukan apakah akan menggunakan ragum atau tidak, tergantung kenyamanan masing-masing.
  2. Selanjutnya adalah pemasangan mata bor pada alatnya.
  3. Anda dapat menancapkan steker ke dalam stop kontak  agar aliran listrik dapat mengalir. Tekan sakelar menuju on saat spindle telah berputar, kemudian atur kecepatannya.
  4. Setelah selesai, jangan lupa untuk menekan tombol off serta merapikan segala perlengkapan bor agar tidak disalahgunakan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kali ini mengenai serba-serbi alat bor tangan yang menarik untuk disimak. Semoga dapat menginspirasi Anda dan menambah pengetahuan tentang perkakas bor tangan.

Incoming search terms:

,,tombol on off bor tangan makita (1),