Bagian-Bagian Utama Pada Mesin Bor Duduk

Mesin bor duduk merupakan alat-alat yang umum digunakan pada perusahaan-perusahaan di bidang manufaktur elektronika atau perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pengeboran didalamnya. Mesin bor duduk tentunya berbeda dengan mesin bor tangan karena tujuan penggunaannya pun berbeda. Meskipun fungsi utama dari kedua bor ini sama yakni membuat lubang akan tetapi bor duduk pada umumnya digunakan untuk membuat lubang dalam skala besar atau membuat lubang yang sama pada banyak benda sehingga dihasilkan lubang yang lebih maksimal dan sempurna.

Bor duduk mempunyai sifat yang lebih stabil dan handling yang lebih kuat jika dibandingkan dengan bor tangan. Nama bor duduk diambil dari sifatnya sendiri yang tidak bergerak dan hanya terdapat pada satu tempat saja sehingga dinamakan bor duduk. Bagi perusahaan besar yang memerlukan lubang-lubang sebagai tempat baut, paku, besi penghubung, atau bahan pengikat lainnya pastinya membutuhkan lubang yang sama baik besar maupun letaknya sehingga menggunakan mesin duduk akan memberikan dua hal tersebut tidak seperti bor tangan. Karena bor tangan tidak bisa selalu stabil sebab tergantung pada kekuatan tangan yang memegangnya. Mengetahui bagian-bagian dari bor duduk sangatlah penting karena akan membuat kita memahami fungsi-fungsi dari mesin bor duduk dan mengetahui jika ada kerusakan didalamnya. Berikut ini adalah beberapa bagian penting pada bor duduk.

Base atau Dudukan

Base atau dudukan adalah penopang utama mesin bor duduk yang menjadi pusat tekanan pada mesinnya. Letak base atau dudukan adalah pada bagian paling bawah atau paling dasar sebagai landasan berdirinya mesin bor duduk. Posisi base atau dudukan haruslah kuat sebab hal tersebut akan mempengaruhi kekuatan tekanan bor ketika digunakan.peletakan base atau dudukan juga harus tepat pada bidang yang keras dan stabil akan guncangan.

Column atau Tiang

Column atau tiang merupakan pondasi dan penyangga utama dalam proses pengeboran. Fungsi utama sebagai penyangga membuat penempatan dari bahan ini haruslah tepat karena akan mempengaruhi hasil dari pengeboran yang dilakukan. Bentuk dari bagian ini adalah silinder yang memiliki jalur panjang yang berguna untuk jalur gerak vertikal pada meja.

Drill atau Mata Bor

Bisa dikatakan bahwa inilah bagian yang paling penting pada mesin bor duduk karena alat inilah yang mengatur bentuk dan ukuran dari lubang yang diinginkan. Mata bor adalah alat utama yang digunakan untuk melubangi media atau bahan yang ditentukan. Pada umumnya bentuk dari drill atau mata bor adalah spiral karena bentuk tersebut mampu memberikan tekanan yang lebih untuk memudahkan membuat lubang pada media yang telah ditentukan. Bentuk spiral ini juga membantu lubang bisa dipasangi dan masuki oleh baut dengan mudah. Jadi bisa dikatakan bahwa mata bor adalah bagian utama saat membuat lubang dengan mesin bor duduk.