Mengenal Lebih Dekat dengan Besi Beton SNI

Besi Beton SNI (Standar Nasional Indonesia) merupakan salah satu material yang penting untuk membangun rumah atau bangunan adalah besi beton. Besi beton digunakan untuk cor atau membuat pondasi rumah. Jenis besi beton yang umumnya digunakan adalah jenis round bar  atau besi yang permukaannya polos dan besi beton deformed bar atau lebih dikenal dengan sebutan besi beton ulir dan beton kanal U (shape).

Standar Kualitas Besi Beton

Seperti yang sudah disebutkan, besi beton dijadikan kontruksi bangunan yang berfungsi sebagai penompang ata rangka agar bangunan kokoh dan kuat. Karena fungsinya yang vital maka memilih besi beton tidak boleh asal-asalan, harus besi beton yang sesuai dengan standar nasional. Besi beton SNI atau setandar nasional Indonesia adalah besi yang memiliki standar kekuatan sehingga kuat digunakan.

Standar kekuatan besi beton yang berlaku disebut dengan istilah BJTP 24. Saat ini sudah banyak pilihan jens besi beton dengan standar nasional yang bervariasi, yaitu dari segi ukuran. Seperti 8mm, 10mm, 12mm dsb sedangkan panjangnya adalah 12 meter jika diluruskan sedangkan dalam kondisi ditekuk panjangnya 6 meter.

Bahan Pembuatan Besi Beton

Besi beton bahan bakunya adalah billet. Billet merupakan balok baja berukuran 100x100mm, 110x110mm, 120x120mm dan panjang sekitar 170mm. Bahan baku billet adalah besi tua, skrap, lime, grafit, kokas dan ferro alloys yang diproses melalui peleburan dengan menggunakan berbagai macam metode. Dari hasil peleburan tersebut menghasilkan unsur carbon, silicon dan mangan yang mempengaruhi kualitas besi.

Besi beton yang memiliki kualitas adalah yang memiliki kualitas tarik minimal 24kg/mm2. Kadar carbon yang terkandung dalam besi berpengaruh terhadap sifat mekanik dari besi itu sendiri. Jika kadarnya terlalu besar bisa membuat besi menjadi lebih getas dan bisa memiliki kekuatan tarikan yang kuat namun kelenturannya menurun.

Kadar silicon mempengaruhi struktur mikro besi. Jika kadarnya rendah bisa mengakibatkan besi keropos. Sedangkan kadar mangan mempengaruhi besar kecilnya kelenturan besi. Jika terlalu banyak dapat meningkatkan keuletan, namun bisa mengurangi kekerasan besi. 

Demikian informasi yang kami berikan mengenai besi beton SNI. Semoga artikel ini bermanfaat!

Saya memberikan harga ecer besi beton SNI yang dijual di toko kami, sbb:

6 m : 28.000

8 m : 45.000

10 m : 63.000

12 m : 85.000

13 m : 100.000

16 m : 162.000

Kondisi besi minus 0.2, disebut full. Jika pengambilan dalam quantity banyak, maka ada diskon. Terima Kasih.