Bahan-bahan Bangunan Rumah Untuk Membuat Rumah Minimalis

Untuk membangun sebuah bangunan rumah yang baik tentunya dibutuhkan bahan-bahan bangunan rumah yang mendukung pembangunan rumah yang bagus. Bahan untuk membangun rumah tentunya tidak dapat kamu pilih sembarangan. Kualitas bahan menjadi prioritas, karena akan mempengaruhi kokoh atau tidaknya suatu bangunan.

Tahukah kamu apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah? Misalnya saja rumah minimalis? Sebelum kamu menentukan budget kamu wajib tahu bahan-bahan bangunan rumah apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah.

  1. Batu Kali

Sebuah rumah tidak akan berdiri tanpa adanya pondasi. Pondasi yang kuat akan mendukung kekuatan bangunan yang dibangun. Salah satu bahan bangunan yang dibutuhkan untuk membangun pondasi adalah batu kali.

 

  1. Pasir

Pasir merupakan salah satu bahan-bahan bangunan rumah yang dibutuhkan. Biasanya pasir digunakan sebagai campuran semen dalam membangun pondasi, dinding, maupun lantai. Pasir yang baik dapat dilihat dari kandungan lumpurnya, jika kandungan lumpurnya sedikit maka pasir tersebut baik digunakan untuk membangun rumah.

 

  1. Semen

Bahan bangunan lain yang tak boleh dilupakan adalah semen. Semen bisa juga dicampur pasir dalam mengaplikasikannya. Biasanya semen digunakan untuk membangun dinding, melapisi dinding, lantai dan lain-lain.

 

  1. Kerikil

Kerikil merupakan pecahan batu yang berbentuk kecil-kecil. Fungsi dari kerikil adalah sebagai penguat beton atau digunakan bersama dengan pasir dan semen untuk memperkuat bangunan. Kerikil yang berasal dari pecahan batu besar biasanya memiliki kekuatan yang sangat bagus.

 

  1. Batako

Salah satu bahan untuk membuat dinding yang dapat digunakan adalah batako. Batako terbuat dari campuran pasir dan semen. Bentuknya hampir mirip dengan batu bata, namun batako memiliki warna seperti semen atau pasir.

 

  1. Batu Bata

Bahan bahan bangunan rumah yang harus disediakan lainnya adalah batu bata. Batu bata diperlukan untuk membuat dinding, kolam, dan lain-lain. Banyak sekali fungsi batu bata. Karena itu batu bata memegang peranan penting dalam membangun sebuah rumah.

 

  1. Genteng

Sebuah rumah tentunya membutuhkan atap. Atap yang biasanya digunakan di Indonesia adalah menggunakan genteng. Genteng merupakan bahan yang digunakan untuk menutupi bagian atas rumah yang biasanya terbuat dari tanah liat yang telah dibakar dalam suhu yang tinggi.

 

  1. Kayu

Untuk membangun sebuah rumah, bahan-bahan bangunan rumah lainnya yang dibutuhkan adalah kayu. Kayu dapat digunakan untuk banyak hal. Seperti membuat rangka atap, untuk membuat kusen, lemari, pintu, kursi dan lain-lain.

 

  1. Cat

Bahan lainnya yang tidak bisa dipisahkan dari membangun rumah adalah cat. Cat digunakan untuk memberi warna pada dinding. Sehingga rumah lebih menarik dan berwarna. Pilihlah cat yang tidak berbau dan dapat menutup dinding dengan sempurna.

Demikian informasinya, semoga membantu.