Ingin Renovasi Rumah dengan Dana Minim? Baca Ini Dulu!

Memiliki rumah yang indah adalah impian bagi setiap keluarga. Karena rumah adalah tempat bernaung sekaligus tempat istirahat dan berkumpul bagi seluruh anggota keluarga. Namun bagaimana jika rumah yang kita miliki sudah keropos?

Renovasi rumah adalah jawabannya. Tapi sebelum renovasi, apakah anda sudah memiliki dana yang cukup? Jangan kawatir, anda masih bisa merenovasi, walau dengan dana minim. Ini dia caranya:

  1. Pakai Jasa Arsitek

Apakah anda ingin membeli bahan bahan bangunan sendiri lalu mencari pemborong dan tukang serta kuli sendiri? Mereka memang memiliki banyak pengalaman. Namun saya sarankan untuk menghubungi seorang arsitek terlebih dahulu.

 

Bukannya meremehkan kemampuan pemborong, tapi seorang arsitek tentunya faham dan memiliki ilmu, jika merenovasi rumah, desainnya seperti apa, butuh dana berapa untuk membeli bahan bahan bangunan, dan lain lain.

 

Jika anda tidak mau  menghubungi seorang arsitek karena takut dikenai jasa yang mahal, jangan khawatir. Cari teman anda yang seorang arsitek sehingga bisa mendapat harga teman. Atau hubungi mahasiswa jurusan arsitektur tingkat akhir.

 

  1. Survey Harga

Ada berapa toko bahan bahan bangunan  di kota anda? Apakah anda mengambil langkah praktis dengan membeli material di toko bahan bahan bangunan dekat rumah?

 

Tunggu dulu, buka laptop atau smartphone anda lalu survey harga material secara online. Karena bisa jadi di toko A harganya lebih murah daripada toko B. Walaupun toko A jaraknya cukup jauh.

 

  1. Pakai Sistem Harian Atau Borongan?

Saat merenovasi, anda punya dua pilihan, memakai jasa pemborong plus kuli dengan sistem harian atau borongan?

 

Jika anda memakai sistem borongan, maka tak perlu bingung membayar gaji pekerja di haru sabtu. Karena anda sudah memborong jasa mereka dalam satu paket. Saat sudah ada bahan bahan bangunan, mereka tinggal mengerjakan renovasi rumah anda.

 

Tapi kelemahannya, karena sistemnya borongan, mereka ingin cepat menyelesaikan proyek renovasi ini. Sehingga kadang ada bagian rumah yang pengerjaannya kurang teliti dan kurang rapi. Jadi, setelah renovasi selesai, cek secara detail.

 

Pembayaran gaji  pemborong dan kuli secara harian adalah cara yang paling umum. Mereka bisa tenang mengerjakan renovasi. Tapi hati hati, pilih mandor atau pemborong yang benar benar jujur dan teliti. Karena bisa jadi ia mengulur waktu pengerjaan renovasi karena ingin mendapatkan lebih banyak uang.

Merenovasi rumah selain butuh dana yang cukup juga butuh kesabaran. Karena tentu saja anda ingin rumah segera dipercantik dan bisa dihuni dengan nyaman. Karena saat renovasi, hitungan dana awal dan kenyataan bisa berbeda jauh. Karena harga bahan bahan bangunan bisa berubah sewaktu waktu. Semoga dengan tips ini anda bisa merenovasi rumah dengan lancar.