Bagaimana cara membangun rumah?

Pertanyaan ini mungkin kini sedang terpikirkan oleh anda, terutama bagi anda yang telah memiliki lahan dan hendak membangun rumah tinggal. Membangun rumah memang bukan hal yang simple. Dibutuhkan beberapa langkah dan proses yang harus dilakukan dengan baik. Selain itu, dibutukan pula ketelitian dan keahlian yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan bantuan dari ahli untuk dapat membangun rumah yang aman dan nyaman. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan mempercayakannya kepada kontraktor. Namun, sebelum anda menyewa jasa kontraktor, tentu ada baiknya anda mengetahui bagaimana cara membangun rumah mulaidari nol sehingga akan memudahkan anda dalam memantau perkembangan pembangunan rumah anda.

Tahapan tahapan dalam membangun rumah adalah sebagai berikut:

  1. Carilah Lokasi yang Tepat

Pertama kali tentu kita harus memikirkan mengenai lokasi. Anda harus mencarilahan yang sekiranya cocok dan pas untuk bangunan rumah anda nantinya. Beberapa faktor yang mungkin dapat menjadi pertimbangan anda dalam mencari lokasi adalah posisi yang strategis seperti misalnya dekat dengan beberapa tempat umum dan penting seperti sekolah, rumah sakit, pasar, dll.

  1. Membuat Desain Rumah

Setelah anda menemukan lahan yang pas kini waktunya anda merencanakan bangunan rumah anda. rencanakanlah desain bangunan rumah anda secara detail untuk menghindarkan anda dari kesalahan. Banyak orang yang mungkin meremehkan tahapan ini yang akhirnya mendapatkan akibat yang cukup fatal, Bagaimana Cara Membangun Rumah kalau tidak di desain terlebih dahulu ? misalnya saja mereka harus membongkar pasang bangunan, tampilan bangunan yang tidak sesuai dengan harapan dan kurang nyaman dan masih banyak lagi contoh lainnya. Intinya adalah,anda tidak hanya dpaat mengandalkan imajinasi atau bayangan saja dalam hal membangun rumah. Adanya gambar detil desain yang dapat dibaca dan dipahami oleh tukang akan jauh lebih baik dan aman.

 

  1. Mengajukan IMB. Bagaimana Cara Membangun Rumah

Selanjutnya, anda harus mengajukan IMB atau Ijin Mendirikan Bangunan. Sebelum anda mulai membangun, pastikan bahwa desainnya telah disetujui oleh pemerintah kita. Hal ini sangat penting karena anda akan mendapatkan informasi mengenai tata cara bangunan yang tidak melanggar hukum.

  1. Mencari Jasa Kontraktor atau Bangun Rumah

Untuk membangun rumah yang nyaman dan aman, usahakan untuk menemukan penyedia bangun rumah yang tepat. Hal ini karena biaya pelaksanaan proyek pembangunan rumah biasanya akan membutuhkan budget atau anggaran yang paling besar.jika anda salah dalam memilih kontraktor, bukan tidak mungkin biaya anda akan membengkak.

  1. Memulai Pelaksanaan Membangun Rumah

Sebenarnya, proses pembangunan rumah memang menjadi urusan kontraktor, namun tidak ada salahnya anda juga mengetahui prosesnya bukan? Beberapa tahapan untuk proses ini antara lain adalah pekerjaan persiapan seperti membersihkan lahan dsb, membuat pondasi, pekerjaan struktur,memasang dinding, instalasi air bersih dan air kotor, pekerjaan instalasi listrik, plafon,kusen, pintu dan jendela.

  1. Tahap Finishing. Bagaimana Cara Membangun Rumah

Setelah selesai dengan pembangunan rumah, maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan proses finishing atau sentuhan akhir untuk menyempurnakan bangunan rumah anda. pekerjaan finishing ini mungkin terlihat sepele, namun faktanya tak jarang bahwa pekerjaan ini membutuhkan rentang waktu yang paling lama diantara semua tahapan membangun rumah. Beberapa contoh dari pekerjaan ini antara lain memasang lantai, dll. Oleh karena itulah terkadang kita melihat banyak rumah mewah yang seakan sudah jadi namun tak urung diresmikan. Hal ini karena pekerjaan finishingnya biasanya masih berlangsung.