Mau Renovasi Atap Rumah? Gunakan Atap Spandek Saja!

Jika ada rencana untuk merenovasi atap rumah, bisa memakai atap yang ringan, kuat, dan tentunya mempunyai gaya yang keren. Nama atap yang dimaksud adalah atap spandek. Sudah ada yang mendengarnya? Atap tersebut merupakan salah satu jenis atap yang kekinian, yang dipakai di banyak rumah modern. Kesan yang ditimbulkannya pun elegan dan tentunya rapi saat dilihat.

Penggunaan atap jenis spandek tersebut memang sudah bisa menggantikan atap genting semen yang selama ini dipakai di banyak rumah. Ada cukup banyak alasan kenapa kita bisa memasang atap jenis spandek itu, dibanding dengan atap yang konvensional. Nah agar tidak salah pilih dan semakin tahu mengenai jenis atap yang sedang digandrungi tersebut, ada baiknya kita simak kelebihan yang bisa diberikan oleh atap tersebut.

  • Tahan terhadap Karat

Atap spandek yang sekilas terlihat seperti logam itu dibuat dengan bahan baja ringan yang dicampur dengan bahan lainnya. Bahan campuran tersebut adalah aluminium dengan komposisi 55%, zinc dengan komposisi 43.5%, dan juga silicon dengan komposisi 1.5%. ketiga bahan tersebut dapat membuat atap jenis spandek ini tahan terhadap karat, meski sering terkena air hujan sekalipun.

Jika sudah begitu maka sudah jelas atap ini akan memiliki umur yang sangat panjang. Setidaknya atap jenis ini diklaim memiliki ketahanan sampai dengan 20 tahun lebih. Menakjubkan, bukan?

  • Kuat dan Ringan

Jangan meragukan kualitas dan ketahanan yang dimiliki oleh atap  spandek ini. Dengan kandungan baja ringan maka jelas ketahanannya sangat kokoh. Maka itu tidak jarang atap jenis ini pun sering dipakai sebagai atap di dalam rumah, yang di atasnya diberikan campuran beton. Kekuatannya bisa menjadikan jaminan mutu dari sebuah atap.

Sejalan dengan kekuatannya, atap ini juga ternyata ringan. Dengan bahan baja ringan yang kuat, namun cukup ringan sehingga tidak akan menjadi beban berat bagi rangka bangunan.

  • Kuat terhadap Segala Cuaca dan Juga Tahan Api

Kelebihan lainnya dari atap spandek yang ditonjolkan oleh atap jenis spandek ini adalah kuat menghadapi segala cuaca dan api. Cuaca yang seringkali menjadi sumber cepat rusaknya atap sebuah bangunan memang cukup rentan. Bagaimana tidak, dengan air hujan yang kemudian suhu berubah menjadi panas sering membuat atap bekerja lebih keras. Dengan atap jenis spandek semua itu bisa dihalau. Pun begitu dengan api karena panasnya api tidak akan berpengaruh terhadap kualitas bahan baja ringan yang satu ini.

  • Tidak dapat Tembus Cahaya Matahari

Jika berpikir atap jenis spandek ini rentan terhadap sinar matahari, salah besar. Ya karena atap ini tidak dapat ditembus oleh sinar matahari yang terik. Dengan begitu, jelas yang ada di dalam bangunan ini akan terlindungi dengan baik dari paparan sinar matahari tersebut.

  • Mudah Dibentuk dan Tersedia Banyak Warna

Permainan bentuk dan aneka warna kini banyak dilakukan oleh produsen atap. Ya karena bentuk dan warna yang bagus dan unik banyak diminati sehingga atap rumah pun tidak monoton. Dengan atap jenis spandek, kita pun bisa mendapatkan keduanya karena atap jenis ini memiliki bentuk yang beragam, juga dengan warna yang bervariasi. Inilah suatu kelebihan yang dimiliki oleh atap jenis spandek ini.

Itulah serangkaian kelebihan yang dimiliki oleh atap spandek. Semoga bermanfaat ya dan buatlah atap rumah menawan dengan penggunaan spandek.

Share this post

leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>